" Belajar, Berjuang dan Bertakwa "

Kamis, 15 Desember 2011

Managemen dan Pengembangan Organisasi




            Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa yunani yang artinya alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan oleh para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sihoingga dapat saya simpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Pada prinsipnya setiap organisasi memiliki prinsip dasar, yaitu :


a.     a. Orang-orang (sekumpulan orang)
b.     b. Kerjasama
c.     c. Tujuan yang ingin dicapai.

Sedangkan pengertian managemen dari berbagai tokoh adalah sebagai berikut :

1.     Menurut George R. Terry dan Leslie W. Rue

Managemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok kearah tujuan-tujuan organisasi atau maksud-maksud yang nyata.

2.     Menurut James A F Stoner dalam bukunya Management

Managemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

3.    Mwnurut  T. Hani Handokon

Menyimpulkan bahwa pada dasarnya managemen dapat didefinisikan sebagai  wadah untuk bekerjasama dengan orang-orang untuk menentukan, menginterprestasikan organisasinya guna mencapai tujuan tertentu dalam organisasi dengan melaksanakan fungsi perancangan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling).

Dengan demikian, managemen adalah proses merencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumberdaya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Aktivitas Managemen Organisasi
Secara khusus managemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu Efektivitas dan Efisien, dimana :

Effective is to do the right something : Dimana efektif merupakan pencapaian tujuan atau target.

Efficien is to do something right : cara dalam mencapai tujuan atau target dengan memper kecil belanja atau pengeluaran.

Sehingga dalam menjalankan roda organisasi dengan mengunakan sedikit mungkin sumberdaya yang ada namun mencapai tujuan yang yang maksimal.

Aktivitas Manajemen

Aktivitas Managemen atau Fungsi Utama Manajemen adalah :

1.     Perancangan (Planning)

Perancangan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan atau pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dah oleh siapa.
Gagal dalam merencanakan artinya merencanakan kegagalan, sehingga lebih baik bersimbah keringat disaat latihan dari pada bersimbah darah dimedan perang.

2.     Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan diantara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien ( T.Hani Handoko)
Sedangkan focus terhadap pengorganisasian adalah :

a.     Apa saja yang harus diselesaikan ?
b.     Siapa yang yang mengerjakan ?
c.      Bagaimana tugas-tugas dikelompokan ?
d.     Siapa yang melaporkan ke siapa ?
e.     Dimana keputusan harus dibuat ?

3.     Pengarahan (Leading Actuating)

Merupakan ativitas manajemen yang harus ada dimana manager (Pemimpin) mengarahkan anggota organisasi ke alur-alur (jalan) yang telah ditetapkan.

4.   Pengontrolan (Controlling)

Pengawasan dapat didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dan manajemen telah tercapai.

 Pengembangan Organisasi

1.   Pengertian Pengembangan Organisasi

Pegembangan Organisasi merupakan program yang harus meningkatkan efektivitas  keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan perkembangan dengan tujuan organisasi.

2.          Alasan Mengenai Pentingnya Pengembangan Organisasi
1.     Perubahan adalah pertanda kehidupan.
2.     Perubaahan memberikan harapan.
3.     Pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan.
4.  Pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru     (Perubahan)

3.           Metode Pengembangan Organisasi

1.     Metode Pengembangan Perilaku
a.     Jaringan Manajerial  (managerial Grid)
b.      Latihan Kepekaan
c.      Pembentukan Tim
d.      Umpan Balik Survei

2.     Metode Pengembangan Keterampilan dan Sikap
a.     Sedang dalam latihan ( On the job training)
b.     Latihan instruksi kerja ( Job intruction training)
c.     Tentang latihan kerja  ( Of the job training)
d.     Pelatihan ruang depan “Kedepan” (Vestibule training)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review